Tas Handmade CANTIK

Sabtu, 28 Januari 2017

TIPS MENGUNDANG REZEKI


- Ada orang ngundang rejeki dg cara tiap pagi membagi 40 nasi untuk duafa, rutin dia lakukan.. Langitpun tersentuh! Allah Ridho.. Lherrrr!!
- Ada org yg ngundang rejeki dg cara mencium kaki ibunya, lalu minta didoakan.... Langitpun bergetar! Allah Ridho... Wussss!!!!
- Ada yg ngundang rejeki, tiap minggu dia datangi anak2 Yatim, diusap2 kepalanya, dibelikan sesuatu utk mereka, spt yg diajarkan Kanjeng Nabi
- Ada yg ngundang rejeki, tiap pagi berangkat kerja dia rutin bersedekah kepada siapa saja... Malaikat tahluk, Allah Ridho... Blaaarrr!!
- Ada org yg ngundang rejeki, tiap malam jumat dia membagi makanan kepada 100 orang yg tidur di Jalanan.. Doanya tembusss langit!
- Ada orang yg ngundang rejeki, tiap pagi dia menatap langit langsung, mengangkat tangan, dan Nembung lgsg pada Tuhannya.. "Cukupkan Aku.."
- Ada yg ngundang rejeki, tiap jumat omzet/profit penjualannya 100% disedekahkan.. Malaikat haru, Allah Ridho... Byuuurrr!!!
- Ada yg ngundang Rejeki, tiap bulan 20% dari total pendapatannya disedekahkan.. Dia Yakin Tuhannya MAHA KAYA.. Langit membuktikan!
- Ada yg ngundang rejeki, seminggu sekali dia tengah malam datangi rumah duafa, dia panggul sendiri makanan untuk mereka... Langit merekamnya
- Ada yg ngundang rejeki, tiap jumat dia tidak mau dibayar untuk tenaganya yg dia berikan ke orang lain.. Tiap tetes keringatnya penuh pahala
- Ada yg ngundang rejeki, tiap pagi dia sholat dhuha & berdoa, ktk orang lain sdh sibuk dia memilih ngadep langsung ke Penciptanya..
Ketika tukang becak-pun bersedekah, maluuuu kita kalo justru kikir dan pongah...
Rejekimu bukan dari Bossmu atau pelangganmu.... Tp dr Allah.. Undang rejeki dtg dg cara2 yg Allah Ridhoi... Tenaaang, DIA MAHA KAYA kok..
"Memberi itu tenangkan hati..." -» kalo hatimu gak tenang, jangan2 karena berbagipun engkau enggan..
Orang yg yakin ALLAH MAHA KAYA, dia gak pernah takut kelaparan.. dia gak pernah takut.. dan gak pernah ragu!
Mau jalan manakah yg kamu pilih untuk mengundang rezeki? Lakukanlah tanpa ada ragu :)
Semoga manfaat 😇
* copas dari grup
READ MORE - TIPS MENGUNDANG REZEKI

Selasa, 10 Mei 2011

Ibu Hamil Sebaiknya Menjaga Kondisi Psikologisnya



Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan selama 20 tahun oleh Tiffani Field, Ph. D dari Universitas of Miami Medical School, anak yang dilahirkan oleh ibu yang mengalami depresi berat selama kehamilan akan memiliki kadar hormon stres tinggi, aktivitas otak yang peka terhadap depresi, menunjukkan sedikit ekspresi, dan mengalami gejala depresi lain, seperti sulit makan dan tidur.

Depresi pada ibu yang sedang mengandung disebabkan banyak hal. Pertama, adanya perubahan hormon yang menpengaruhi mood ibu secara keseluruhan sehingga si ibu sering merasa kesal, jenuh, atau sedih.

Penyebab lainnya adalah, keadaan fisik yang berubah saat hamil. Menjelang usia kehamilan tertentu, ibu mengalami sulit tidur. Ini tentu menyebabkan si ibu keesokan harinya akan merasa amat letih, ada lingkaran hitan di mata, dan kulit muka menjadi kusam.

Adanya masalah-masalah pada kandungan seperti kandungan lemah, sering muntah pada awal kandungan, dan masalah-masalah lain juga bisa menyebabkan depresi. Ibu akan terus-menerus mengkhawatirkan keadaan anak dan ini akan membuat dia merasa tertekan.

Depresi dapat juga dialami stelah sang ibu melahirkan bayinya. Di Amerika Serikat, sekitar 30 persen dari ibu yang baru saja melahirkan diduga mengalami depresi pascamelahirkan.

Anak Menjadi Agresif. Mengapa amat penting menjaga sampai si ibu yang sedang mengandung mengalami depresi? Tiffani Field, Ph. D dari Universitas of Miami Medical School menjawab pertanyaan ini berdasarkan penelitian yang sudah ia lakukan selama 20 tahun. Ia menemukan anak yang dilahirkan oleh ibu yang mengalami depresi berat selama kehamilan akan memiliki kadar hormon stres tinggi, aktivitas otak yang peka terhadap depresi, menunjukkan sedikit ekspresi, dan mengalami gejala depresi lain, seperti sulit makan dan tidur.

Yang berbahaya bila gejala depresi pada bayi baru lahir tidak segera ditangani, anak berkembang menjadi anak yang tidak bahagia. Mereka sulit belajar berjalan, berat badan kurang, dan tidak responsif terhadap orang lain. Bila keadaan ini tetap tidak tertanggulangi, anak akan tumbuh menjadi balita yang depresi. Saat mulai sekolah mereka mengalami masalah tingkah laku, seperti agresif dan mudah stres.
Tindakan Pertolongan. Ibu dan anak mengalami depresi harus mendapatkan pertolongan para profesional. Berkonsultasilah dengan dokter anak dan psikolog anak. Makin cepat pertolongan diberikan makin besar kemungkinan anak akan tumbuh normal. Terapi lainnya, seperti pijat, juga terbukti baik untuk mengatasi depresi, baik bagi anak maupun ibu. Tapi, ini pun harus dengan pengawasan dari dokter.

Yang penting, upaya penyembuhan ini harus dilakukan pada ibu dan bayi. Jangan hanya bayi yang diterapi, sementara ibu dibiarkan makin terpuruk dalam depresi atau sebaliknya. Ibu dan bayi harus bekerja sama untuk mengatasi depresinya. Ayah juga harus berperan aktif dalam membantu penyembuhan orang-orang terdekat ini.

Itulah sebabnya, saat ini, peran suami terhadap ibu yang sedang mengandung dan setelah melahirkan amat besar. Ibu hamil harus mendapatkan dukungan yang sebesar-besarnya dari suami. Dukungan suami ini bisa ditunjukkan dengan berbagai cara, seperti memberi ketenangan kepada istri, membantu sebagian pekerjaan istri atau bahkan sekadar memberi pijatan ringan bila istri merasa pegal. Diharapkan, dengan dukungan total dari suami, istri dapat melewati masa keamilannya dengan perasaan senang dan jauh dari depresi.

Pada saat bayi yang ditunggu sudah lahir, peran suami yang sekarang telah menjadi seorang ayah tentu diharapkan menjadi semakin aktif. Ayah dan ibu harus berbagi tugas dalam mengasuh dan merawat si kecil. Jangan sampai semua perawatan bayi diserahkan ke ibu. Ini bisa membuat ibu depresi karena fisiknya belum pulih setelah melahirkan ditambah kelelahan baru merawat bayi.

READ MORE - Ibu Hamil Sebaiknya Menjaga Kondisi Psikologisnya

Efek tidur larut malam bagi wanita hamil



Aduh gimana yaa…kalo hati lagi ga enak, lagi kesel, aku tuh susah banget untuk tidur, mata di merem-meremin malah pegel, baca buku yang dalam kondisi biasa bisa langsung ngantuk, ini malah tambah melek. Padahal aku lagi hamil 22 minggu. Sebenernya kepikiran kasian sama baby di dalam perut, tapi gimana mata ini tak mau terpejam sedikitpun.
Tapi daripada melek ga ada guna nya, aku coba internetan aja deh, sambil cari-cari info tentang efek begadang buat bumil, mudah2an ga terlalu bahaya ya….

Menurut dr Rino Bonti Tri Hadma Shanti SpOG dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Jatinegara, setiap ibu hamil (bumil) harus cukup tidur. Jumlah jam tidur bagi bumil minimal 8 jam dalam sehari.TIDUR larut malam memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi ibu hamil. Konon, ritme tidur yang tidak teratur bisa memengaruhi janin dalam kandungan dan bisa sebabkan keguguran.
“Boleh saja tidak sekaligus 8 jam, asal jumlah keseluruhan jam tidur 8 jam tidak jadi masalah. Jika terbiasa terbangun pada malam hari, kemudian siang harinya tidur lagi tidak masalah,” jelasnya, (Sumber: lifestyle.okezone.com)

Wah bahaya juga yaa..efeknya, tapi kenapa bias separah itu ya? Ini penjelasannya, Jika bumil kurang tidur, katanya, badan menjadi tidak fit dan mudah lelah. Meskipun bumil tidak merasakannya, namun secara fisik sebenarnya mengalami kelelahan. Dikhawatirkan bumil yang kurang tidur dan kelelahan, dapat mengakibatkan kontraksi rahim. Walaupun kelelahan pada bumil, bukanlah faktor utama penyebab kontraksi. Namun hal ini perlu diwaspadai.

“Bila terjadi kontraksi secara berlebihan karena kelelahan dan kurang tidur pada trimester pertama dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran. Sementara bila terjadi pada trimester kedua atau ketika dapat menyebabkan persalinan secara prematur,” ini menurut dr Rino Bonti Tri Hadma Shanti SpOG dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Jatinegara.
Kondisi Fisik Wanita Hamil Berbeda-beda

Menurut dr Rino, kadar ambang kelelahan setiap bumil tidak sama antara satu bumil dengan bumil lainnya. Terjadinya kontraksi rahim pada masing-masing bumil pun berbeda. Misalnya bumil yang terbiasa bekerja keras, meskipun ia melakukan pekerjaan berat tidak menyebabkan kontraksi. Lain dengan bumil yang tidak terbiasa, melakukan pekerjaan ringan sekalipun bisa menyebabkan kontraksi.

“Untuk mencegah terjadinya kontraksi, baik bumil yang terbiasa berkerja berat maupun ringan sebaiknya ketika merasa lelah dan kurang tidur segeralah beristirahat,” sarannya.Walaupun seorang wanita yang terbiasa tidur larut malam karena pekerjaan, tapi usahakan saat hamil kurangi frekuensi tidur larut malam.

Asal Moms tahu, sambungnya, kurang istirahat dan tidur tidak bisa tergantikan oleh apapun. Meskipun bumil makan dan minum yang sehat, tapi kurang tidur, kurang istirahat dan kelelahan, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kontraksi.


Kontraksi karena Lelah vs Kontraksi Normal

Menurut dr Rino, kontraksi secara alamiah mulai timbul pada kehamilan trimester ketiga sebelum kehamilan cukup bulan, namun dengan frekuensi yang amat jarang (sesekali saja/tidak teratur) dan ringan. Hal ini disebut kontraksi Braxton Hicks dan tidak perlu dikhawatirkan.

Selain itu, katanya, sperma juga dapat menyebabkan kontraksi karena mengandung zat prostagladin. Zat ini dapat menyebabkan kontraksi otot rahim, sehingga menimbulkan efek mulas. Hal ini tidak berpengaruh pada janin.

“Namun bila terjadi kontraksi yang berlebihan (frekuensi sering dengan jarak waktu dekat), bila tidak segera dihentikan dapat mengakibatkan keluarnya lendir darah (yang biasa disebut flek) akibat dari pembukaan mulut rahim. Kalau didiamkan, ketuban bisa pecah dan atau terjadi kelahiran prematur. Kunci utamanya adalah harus dijaga dan mengerti serta tahu kemampuan fisik (tubuh) dan ambang lelah kita sampai di mana. Dibarengi dengan tidur cukup dan tidak kelelahan. Karena jika tidak istirahat cukup maka rahim akan kencang dan kontraksi rahim bisa berlanjut,” tukasnya.( Sumber: www.lifestyle.okezone.com)
So..masih berani tidur larut malam? ya..habis gimana ya..kalau mata belum bisa ngantuk, memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita hamil sulit tidur.
 
3 KONDISI PENYEBAB SULIT TIDUR SAAT HAMIL, DAN CARA MENGATASINYA:

1. PERUBAHAN FISIK

Rahim yang membesar terutama pada trimester ketiga membuat ibu mengalami kesulitan dengan posisi tidur. Selain itu, perut yang semakin membesar akan menekan usus ke atas sehingga mendesak diafragma, akibatnya gerak napas jadi   terbatas.Tentunya dengan adanya penambahan bobot ini akan memunculkan sederet keluhan dan rasa tak nyaman, seperti terasa sesak, pegal punggung, nyeri di bagian belakang termasuk sekitar pinggang, dan lainnya.


Belum lagi, janin yang membesar sering kali menekan kandung kemih ibu. Akibatnya, sebentar-sebentar ibu ingin buang air kecil dan ini membuatnya harus bolak-balik ke kamar mandi. Keadaan ini pun dapat membuat ibu hamil jadi sulit tidur.

CARA MENGATASI:

 



* Atur posisi tidur.

- Secara ilmu kedokteran, ibu hamil dianjurkan tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi ini dianggap baik untuk janin, karena rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin. Asupan untuk pertumbuhan janin pun tetap berjalan baik.

- Hindari posisi tidur telentang karena dapat menghambat aliran darah dari ibu ke janin, selain membuat napas jadi sesak.

- Hindari pula posisi tidur meringkuk dan tengkurap. Posisi tidur meringkuk juga membuat berat janin menekan jaringan-jaringan di dalam rahim yang berhubungan dengan paha dan punggung. Akibatnya bisa timbul sakit di perut, pinggul, dan rasa pegal di punggung. Sedangkan tidur tengkurap tak akan mungkin bila perut semakin membesar, karena sudah pasti sangat tidak nyaman dilakukan.

- Bila ingin lebih relaks, cobalah ganjal kaki dengan bantal; dari tumit hingga betis dengan dua bantal, dan dari lutut hingga pangkal paha diganjal dengan 1 bantal. Tidur dengan posisi ini memungkinkan ibu hamil merasa lebih nyaman karena seluruh bagian kakinya memiliki penahan. Boleh juga mengganjal bagian belakang tubuh dengan bantal atau guling, sehingga ibu tidak balik telentang.

* Tak banyak minum sebelum tidur.

Agar ibu hamil tidak sering bolak-balik ke kamar mandi di waktu malam, sebaiknya tidak minum 2-3 jam sebelum tidur, juga jangan lupa untuk mengosongkan kandung kemih. Perbanyaklah minum di siang hari.

* Lakukan olah napas dan gerakan senam hamil.

Jika ibu merasa pegal-pegal atau tubuh terasa kaku, lakukan gerakan-gerakan ringan seperti yang disarankan dalam senam hamil, sehingga otot-otot menjadi relaks. Lakukan juga olah napas teratur. Cara-cara ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi ibu hamil dan berpengaruh terhadap kenyenyakan tidur.




2. PERUBAHAN HORMON

Biasanya di awal-awal kehamilan, ada ibu hamil yang mengalami mual-muntah, pusing, suhu tubuh sedikit naik, merasa kepanasan atau kedinginan, dan lainnya. Sebenarnya kondisi yang dialami tersebut adalah wajar.

CARA MENGATASI:

* Jaga asupan makanan yang bergizi.

Upayakan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi. Kecukupan nutrisi membuat tubuh jadi bugar dan tidur pun tak jadi masalah. Kalau perlu, 2-3 jam menjelang tidur malam konsumsilah susu cokelat hangat yang menenangkan agar bisa tidur.

* Sikapi dengan santai dan happy.

Terima kehamilan sebagai anugerah. Jalani kehamilan dengan bersikap santai sehingga membuat pikiran jadi tenang dan perasaan jadi nyaman. Jika semua itu sudah bisa diterima baik, maka kehamilan akan berjalan apa adanya.
  3. KONDISI PSIKIS 
(Baca juga tentang : Ibu Hamil Sebaiknya Menjaga Kondisi Psikologisnya)

Jika dikaitkan dengan perubahan tubuh, penampilan ibu mungkin dirasa tak lagi sempurna. Dalam arti tidak seramping sebelumnya, karena perut membuncit dan pinggul melebar. Mungkin muncul kekhawatiran akan kehilangan perhatian dari pasangan.

Apalagi jika tak disertai dengan bekal pengetahuan mengenai kehamilan. Kekhawatiran lainnya biasanya muncul akibat kehamilan bermasalah, khawatir menjelang persalinan karena takut bayinya lahir cacat, takut membayangkan sakit saat bersalin, dan lainnya. Kekhawatiran ini akan membuat pikiran ibu hamil jadi terganggu dan akibatnya jadi sulit tidur.

CARA MENGATASI:

* Uraikan permasalahan satu per satu.

Jika ibu sulit tidur hendaknya dilihat kembali apa kemungkinan yang jadi penyebabnya, untuk kemudian diatasi.

* Berpikir positif.

Hilangkan pikiran-pikiran negatif. Usahakan bersikap santai, berpikir positif, dan mengerjakan segala sesuatu dengan menyenangkan serta happy. Berpikir bahwa kehamilan yang tengah dijalani ini akan berjalan lancar.

* Komunikasikan kekhawatiran yang ada.

Cari teman bicara sehingga perasaan dan pikiran menjadi tenang. Jika kehamilan terasa membebani seperti mengalami mual-muntah berlebih atau merasa depresi, maka bicaralah pada ahlinya, dokter ataupun psikolog agar masalahnya terselesaikan.

* Diperlukan dukungan dari pasangan.

Pasangan harus dapat memberikan rasa aman kepada istri. Tunjukkan sikap melindungi, penuh perhatian dan kasih sayang, serta tingkatkan komunikasi, sehingga ibu merasa aman dan tenang menjalani kehamilannya. Ketenangan ibu berpengaruh pula pada masalah tidurnya.

* Perbanyak informasi mengenai kehamilan.

Kehamilan merupakan suatu proses yang harus dijalani seorang wanita. Agar perasaan dan pikiran tenang maka pahami proses kehamilan tersebut, seperti tahu kapan merasakan gerakan janin, dan sebagainya. Caranya dengan banyak bertanya pada orangtua, teman atau kerabat yang sudah mengalami, serta mencari dari berbagai sumber lain seperti buku dan sebagainya.


* Dengarkan alunan musik yang lembut.

Bisa dilakukan saat-saat ibu sedang santai sambil membaca buku atau menjelang tidur malam. Alunan musik dapat memberi ketenangan dan membantu mengiringi ibu tidur.

 Setelah tahu akibat nya dan cara mengatasinya mudah2an saya bisa tidur lebih cepat, bagaimana dengan Anda?
READ MORE - Efek tidur larut malam bagi wanita hamil

Sabtu, 07 Mei 2011

Pengaruh Kafein jika dikonsumsi Ibu Hamil


Saya adalah seorang penggemar kopi dalam sehari minimal saya minum 1-2 cangkir kopi, yang paling saya gemari adalah kopi sejenis capucino, atau kopi instant yang tidak mengandung ampas, plus creamer dan gula yang banyak. Hampir semua jenis kopi instant sudah saya coba, sampai kopi yang mengandung gingseng (tapi ternyata saya ngga kuat, badan gemetran dan lemas). 

Tapi...ada hal yang bisa mengalahkan hobby minum kopi saya, yaitu ketika saya hamil saya sama sekali tidak berani menyentuh yang namanya kopi. Karena sepengetahuan saya kopi yang mengandung kafein itu berbahaya bagi janin. Seberapa bahayanya? saya sendiri kurang begitu mencermatinya. Namun di kehamilansaya yang ketiga ini di bulan ke-enam kehamilan, rasanya saya rindu sekali untuk minum kopi, kadang2 saya mencuri2 minum kopi suami saya walaupun hanya seteguk ( he..he..)

Kerinduan saya untuk minum kopi membuat saya mencari tahu seberapa bahayanya kopi bagi janin, agar saya benar2 yakin untuk tidak menyentuh kopi selama hamil, dan saya tuliskan disini ringkasan dari yang saya dapat melalui browsing, sebagai pengetahuan bagi Anda yang mungkin termasuk ibu hamil juga, yang kebetulan sedang melihat blog saya ini.

Fakta bahaya Kafein dalam kopi bagi ibu hamil, dari beberapa sumber :

* Detik Health 

Perempuan hamil yang mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi sehari jika bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki maka berpotensi melahirkan bayi laki-laki dengan kondisi salah satu testisnya tidak turun ke skrotum (ngga ngerti nih pengaruhnya apa?).

Namun jika bayi yang dikandungnya adalah perempuan, maka bisa menyebabkan bayi tersebut napas dan detak jantungnya lebih cepat di beberapa hari pertama kehidupannya. Sehingga memaksa orangtua dan petugas medis lebih berjaga-jaga terhadap kesehatannya.

Kenapa sih kafein berbahaya? kafein menyebabkan pembuluh darah mengecil, sehingga dapat mengurangi aliran darah ke plasenta. Kafein yang dikonsumsi ibu hamil juga akan mudah melewati plasenta dan bayi mencernanya sangat lambat, karenanya kafein secara langsung dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel bayi. Selain itu sifat sebagai simultan dalam kafein yang dapat meningkatkan denyut jantung, sedikit meningkatkan tekanan darah, membuat ibu hamil merasa gelisah dan insomnia serta merangsang sekresi asam lambung. Kondisi-kondisi tersebut tentu saja berpengaruh terhadap perkembangan janin yang dikandung.
Bukan hanya kafein yang berbahaya dalam kopi, kopi juga mengandung senyawa fenol yang dapat mempersulit tubuh untuk menyerap zat besi, hal ini tentu saja bisa memperburuk keadaan karena pada dasarnya banyak ibu hamil yang memang sudah memiliki kadar besi rendah. Sehingga ada kemungkinan bayi yang dilahirkan nanti memiliki risiko terkena anemia.

* Info dari beberapa forum tanya jawab

Para peneliti AS memastikan, bahwa kafein berbahaya bagi ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya pada bulan-bulan awal kehamilan karena dapat beresiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Para calon ibu harus menghindari minuman yang mengandung kafein dalam bentuk apapun selama 5 bulan awal kehamilannya, para peneliti ini mengungkapkan dalam laporan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Obstretics and Gynecology.

Penelitian-penelitian sebelumnya telah mengungkapkan, para ibu hamil yang mengonsumsi 3 cangkir kopi atau 300 mg kafein perhari menghadapi bertambahnya resiko keguguran dibandingkan para ibu hamil yang menghindari kafein.Para peneliti juga menemukan resiko keguguran bertambah seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kafein harian, baik dari kopi, teh, coklat hangat, minuman berkafein lain, ataupun gabungan dari kesemuanya.

Para calon ibu harus menjauhi kafein setidaknya dalam 3 atau 4 bulan pertama kehamilannya, saran De Kun Li ahli epidemiologi dan difisi riset dari Oakland California.

* Female Kompas

Menurut dr Suririnah dalam bukunya, Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan, konsumsi 300 miligram kafein atau lebih dalam sehari oleh ibu hamil bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Memang belum ada penelitian mengenai batasan aman konsumsi kafein selama kehamilan. Namun, saran dari National Institutes of Health, 1993, sebaiknya tidak lebih dari dua gelas per hari dengan kandungan kafein kurang dari 300 mg.

Dr Suririnah mengungkapkan pengaruh kafein pada kehamilan, antara lain;

* Memengaruhi pernapasan dan detak jantung bayi dalam kandungan lewat plasenta.
* Meningkatkan detak jantung dan metabolisme ibu hamil.
* Ibu hamil jadi sulit beristirahat.
* Bisa memicu cemas atau stres akibat meningkatnya hormon epinephrine dan norepinephrine.
* Banyak buang air kecil akibat sifat diuretik.
* Membuat cairan asam lambung meningkat dan bikin perih.
* Kehilangan kalsium tubuh.
* Mengandung fenol, membuat tubuh sulit menyerap zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh saat kehamilan.
* Saat hamil, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mengeluarkan kafein. Efek kafein akan lebih lama bagi ibu dan janin.

Intinya, karena tidak ada nutrisi apa pun dari kafein saat kehamilan, sebaiknya hindari saja.

Masih rindu kopi...? ya..masih sih, tapi lebih mantap untuk menahan kerinduan itu, demi buah hati ku

READ MORE - Pengaruh Kafein jika dikonsumsi Ibu Hamil

Sabtu, 25 Desember 2010

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Alhamdulillah Insya Allah sekarang saya sedang mengandung anak ketiga, masih bulan-bulan pertama, dan ini diluar dugaan saya dan suami. Hmm..sebenernya dua kehamilan saya sebelumnya pun diluar dugaan juga sih....

Kehamilan saya yang ketiga ini berjarak 3tahun 4bulan, dan saya sudah hampir lupa apa saja yang harus dilakukan dan makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Untuk itu saya mencoba browsing dan merangkumnya disini, mudah2an tidak hanya berguna untuk saya saja, tapi untuk ibu-ibu hamil yang lainnya.

A. Mengapa Ibu Hamil Perlu Memngkonsumsi Makanan Bergizi?

Sebenarnya tidak hanya wanita hamil yang perlu mengkonsumsi makanan bergizi, semua wanita, baik itu seorang ibu atau wanita lajang perlu mengkonsumsi makanan bergizi. Hanya saja untuk ibu hamil perlu lebih diperhatikan asupan makanannya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus lah yang mengandung gizi yang cukup bagi ibu dan janin yang dikandungnya.

Seorang wanita selama kehamilan memiliki kebutuhan energi yang meningkat. Energi ini digunakan untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah, dan jaringan yang baru. Proses penentuan kecerdasan seorang anak pun ditentukan dari awal masa kandungan.
 
Selain itu, tambahan kalori dibutuhkan sebagai tenaga untuk proses metabolisme jaringan baru.Setiap ibu hamil pasti ingin memiliki bayi yang sehat, kuat serta cerdas. Tentunya! Tidak ada seorang ibu yang menginginkan anak yang bodoh, tidak sehat, dan keterbelakangan mental. Oleh sebab itu perhatikan gizi Anda dari sekarang. Anda perlu memperhatikan pola makan Anda di setiap harinya. Seorang ibu hamil memiliki kebutuhan gizi khusus(1)

B. Syarat Makanan Sehat dan Bergizi 


Makanan yang sehat dan bergizi dapat dipenuhi oleh makanan sehat yang seimbang. Selain itu perlu juga bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi vitamin.Idealnya tiga bulan sebelum kehamilan. Walaupun biasanya wanita baru mulai memperhatikan asupan gizinya setelah dinyatakan hamil.Hal ini dapat membantu mendapatkan gizi yang dibutuhkan. 

Berikut adalah beberapa syarat makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil.(Dikutip dari www.anneahira.com)
  1. Makan dengan prinsip makanan 4 sehat 5 sempurna. Di dalam 4 sehat 5 sempurna terdapat karbohidrat yang merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Karena ibu hamil pasti membutuhkan energy cukup banyak dalam setiap aktifitasnya. Jangan sampai gara-gara Anda kekurangan karbohidrat, hari-hari Anda jadi tidak bersemangat.
  2. Banyak mengkonsumsi makanan serat untuk menghindari konstipasi.
  3. Perhatikan konsumsi vitamin dan mineral seperti vitamin, D,A,B,E,C dan lainnya, mineral seperti kalsium, Fe, dan fosfor. Selain itu tambahan zat gizi lain yang penting juga dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energy seperti vitamin B1 dan vitamin B2, niacin dan asam pantotenat. Vitamin B12 diperlukan untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah, sedangkan vitamin B6 juga berperan dalam metabolism asam amino dalam tubuh.
  4. Perbanyak makan buah.
  5. Perbanyak minum susu, minimal 2 gelas sehari.
  6. Protein lebih banyak dari biasanya, sebaiknya kombinasi antara protein hewani dan nabati kebutuhan protein bagi ibu hamil adalah sekitar 60 gram. Itu artinya, seorang ibu hamil membutuhkan protein 10-15 gram lebih banyak dari manusia pada umumnya/ibu yang sedang tidak hamil. Karena protein inilah yang nantinya akan membentuk jaringan baru, maupun plasenta dan janin. Proses tumbuh kembang otak bayi juga ditentukan pula dari banyaknya protein yang masuk.
  7. Kalori yang cukup, karena kalori yang seimbang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, plasenta, jaringan payudara, cadangan lemak, serta perubahan metabolism tubuh yang terjadi pada setiap bulan kehamilan.
  8. Mengkonsumsi mineral. Mineral dibutuhkan untuk meningkatkan volume darah dan air ketuban. Setidaknya ibu hamil wajib minum 6-9 gelas sehari. Mengurangi asupan cairan tidak akan mengurangi bengkak yang Anda alami. Akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Konsumsi cairan yang terbaik hanyalah air putih.
Untuk wanita hamil sebaiknya kita mengurangi makanan yang mengandung kafein dan bahan pengawet sewperti kopi, teh, coklat dan mie instant. Sebenarnya untuk wanita hamil tidak ada pantangan mengenai makanan yang dimakan. Tetapi sebaiknya makanan yang mengandung bahan pengawet memang dikurangi, karena makanan tersebut memang tidak ada vitamin atau zat gizi yang dapat diserap oleh janin.


Apalagi makanan atau minuman yang mengandung kafein, karena kafein bisa menyebabkan gangguan jantung pada janin dan dapat memperlambat pertumbuhan (berat badan janin). Kalaupun kita sudah terbiasa minum minuman yang manis-manis sebaiknya jika diganti dengan susu, jus, air madu atau milkshake yang lebih sehat dan banyak vitaminnya.
READ MORE - Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Selasa, 16 Juni 2009

70 Kosmetik Berbahaya Versi BPOM


Kita semua pasti sudah tahu ya...kalau pada tanggal 11 Juni 2009 kemarin BPOM telah menarik 70 produk kosmetik karena mengandung zat-zat kimia berbahaya.

Berdasarkan hasil pengawasan BPOM, 70 produk tersebut mengandung antara lain merkuri, hidrokinon, asam retinoat, zat warna merah K.3 (CI 15585 ), merah K.10 (Rhodamin B), dan jingga K.1 (CI 12075 ). Bahan-bahan tersebut dilarang digunakan dalam produk kosmetik karena berbahaya bagi kesehatan.

"70 produk tersebut berbahaya dan dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan," ujar kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib kepada wartawan di Jakarta, Kamis (11/6)(Sumber:Kompas.com)

Efek-efek yang tidak di inginkan tersebut adalah bisa memicu penyakit gangguan syaraf, gangguan perkembangan janin, serta penyakit kanker. Ih ngeri juga ya..? Biar lebih jelas tentang efek-efek tersebut, akan saya bahas di posting berikutnya ya...!

Apa saja sih 70 produk kosmetik yang berbahaya itu? Ternyata ada produk kosmetik tekenal lho !

Produk kosmetik berbahaya tersebut dibagi dalam tiga kategori, yaitu kosmetik rias wajah dan mata, kosmestik perawatan kulit, dan kosmetik kesediaan mandi. "Sampelnya kita ambil dari berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional, pasar modern, supermarket, dan salon kecantikan. Sampel itu juga diambil dari seluruh daerah di Indonesia,"

Beberapa produk yang dinyatakan berbahaya adalah produk terkenal, seperti Ponds dan Olay, yang dipalsukan dan tidak memilki izin edar. "Produk terkenal itu memang palsu, karena tidak ada dalam variannya, tapi untuk publik warning kita menyebut PONDS, karena tidak tahu harus menyebutnya dengan merek apa," Ini adalah yang dituturkan oleh kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib kepada wartawan di Jakarta, Kamis (11/6)

Nah untuk itu kita sebagai konsumen harus jeli dalam memilih produk kecantikan, apalagi kalau seelah memakainya terjadi perubahan yang drastis...jangan seneng dulu ya !

Berikut daftar 70 kosmetik yang dinyatakan BPOM sebagai produk berbahaya:
Pertama, sebanyak 18 merek kosmetik rias wajah dan rias mata:

1. Cassandra Superior Quality Lipstick No. 1-10

2. Cassandra Superior Lip Gloss No. 1-12

3. GLD Garland Lipstick No. 9

4. Marie Anne Beauty Shadow No. 4, 5, 6, 8

5. Marie Anne Blush On No. 3

6. Sutsyu Eye Shadow Blusher 01

7. Sutsyu 18 Colors Eye Shadow 01

8. Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 1, 3, 4, 6

9. Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 5

10. Asnew Blush On

11. Cameo Makes You Beauty Detox 4 in 1 Complete Make Up

12. Marimar Eye Shadow Powder Cake

13. Natural Belle Colors Fix Lipstick No. 313

14. Olay 4 in 1 Complete Make Up

15. Pond's Detox Complete Beauty Care Make Up Kit

16. Pond's Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2

17. Pond's Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake

18. Pond's Detox Complete Beauty Care


Kedua, sebanyak tujuh merek kosmetik pewarna rambut:

1. Casandra Hair Dye Pink C-14

2. Casandra Hair Dye Maroon C-17

3. Casandra 3D Profesional Hair Colors Cream Hair Dye Wine Red C-9

4. Salsa Hair Colorant Pink Colors (S- 018 )

5. Salsa Hair Colorant Cherry Red (S- 019 )

6. Casandra Hair Dye Maroon C-17

7. Casandra 3D Profesional Hair Colors Cream Hair Dye Grape Red C-11


Ketiga, sebanyak 44 merek kosmetik perawatan kulit:

1. Caronne Beauty Day Cream

2. Caronne Whitening Cream (Day Care)

3. Caronne Whitening Cream (Night Care)

4. CR Lien Hua Bunga Teratai Day Cream

5. CR Lien Hua Bunga Teratai Night Cream

6. CR Racikan Ling Zhi Day.Cream

7. CR Racikan Ling Zhi Night Cream With Vit.E

8. CR Day Cream With Vit.E

9. CR UV Whitening Night Cream

10. CR UV Whitening Day Cream

11. DR's Secret 3 Skinlight

12. DR's Secret 4 Skinrecon

13. Dr. Fredi Setyawan Extra Whitening Cream

14. Dr. Fredi Setyawan Whitening Cream II

15. Fruity Vitamin C

16. Plentiful Night Cream

17. QL Papaya Peeling Gel

18. QL Day.Cream

19. QM Natural Vitamin C E

20. Scholar Night Cream

21. Top Gel MCA Extra Pearl Cream Plus

22. Top Gel MCA Extra Cream

23. Top Gel TG-3 Extra Cream

24. Topsyne Aloe Beauty Cream TS- 858

25. Topsyne Beauty Cream TS-3

26. Topsyne Beauty Cream TS- 802

27. Topsyne Beneficial Skin Cream TS- 868

28. Topsyne Vit C Placenta

29. Topsyne Day Cream Night Cream

30. Topsyne Vit E C TS- 819

31. Topsyne Extra Beauty TS- 821

32. Elastiderm Decolletage Chest and Neck

33. Obagi Nu-Derm Blender Skin Lightener Blending Cream

34. Obagi Nu-Derm Blender Skin Lightener with sunscreen

35. Obagi Nu-Derm Toleran Anti Pruritic Lotion

36. Obagi C RX System Clarifying Serum

37. Obagi C RX C Therapy

38. Olay Total White

39. Olay Krim Pemutih

40. Pond's Age Miracle Day and Night Cream

41. Qianyan

42. Quint's Yen

43. Skin Enhacer

44. Temulawak Nutrition Cream

Keempat, satu merek kosmetik mandi

1. Jinzu Strawberry White Beauty Soap.(Sumber: okezone.com)

Biar lebih yakin, di web BPOM ini ada penjelasan 70 produk yang ditarik dari peredaran dan yang dinyatakan berbahaya, klik aja:
http://www.pom.go.id/public/peringatan_publik/pdf/Binder1.pdf

Atau untuk info lebih lanjut bisa menghubungi BPOM pada nomor telepon 021-4263333 atau membuka website BPOM RI www.pom.go.id.

"Alhamdulillah Produk Kosmetik MLM yang aku pakai ngga termasuk ya...!"
READ MORE - 70 Kosmetik Berbahaya Versi BPOM

Kamis, 04 Juni 2009

Apa Kata Menkes tentang kasus Prita?



Jumat, 05/06/2009 00:29 WIB
Menkes Tak Dapat Tegur RS Omni International
Taufik Wijaya - detikNews

Palembang - Kasus Prita
Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari tidak dapat menegur RS Omni International terkait kasus yang menimpa Prita Mulyasari. Jika ada keluhan pelayanan kesehatan, Menkes sarankan lapor ke dinas kesehatan.

Demikian dikatakan Menkes Siti Fadila Supari saat meremiskan Posko Kesehatan Pesantren Nurul Huda, Jalan Pemanggilan, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Kamis (04/06/2009).

"RS Omni itu swasta, jadi tidak ada sangkut pautnya dengan saya. Saya tidak bisa menjewer, saya tidak tahu," kata Siti saat meresmikan Posko Kesehatan Pesantren Nurul Huda, Jalan Pemanggilan, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Kamis (04/06/2009).

Siti juga mengatakan kasus itu bukan kasus pelayanan, melainkan kasus pencemaran nama baik.

"Saya tidak tahu. Kasus itu bukan kasus pelayanan kesehatan. Itu kasus pencemaran nama baik. Kalau ada pelayanan kesehatan tidak baik, ada jalannya, bukan dilemparkan ke blogger," kata Siti.

Siti juga menyarankan kalau ada persoalan kasus pelayanan kesehatan, harus disampaikan pada jalurnya bukan ke tempat yang tidak semestinya.

"Menurut saya kalau ada keluhan terhadap pelayanan kesehatan, jangan melapor ke tempat yang tidak semestihnya. Kalau melapor ya ke kepala dinas kesehatan. Gunakan jalur-jalur yang benar," pungkasnya.

(tw/mok)
READ MORE - Apa Kata Menkes tentang kasus Prita?

 
© Copyright by Aktivitas dan Informasi untuk Ibu dan wanita  |  Template by Blogspot tutorial