Muslimah Fashion Trensetter

Rabu, 08 November 2017

Tips Belanja secara Online Tanpa Kecewa


Jaman now belanja itu nggak harus datang ke pusat perbelanjaan, trend belanja sekarang sudah banyak berubah, banyak orang lebih suka belanja online.

Selain praktis belanja online juga banyak sekali pilihannya, tanpa harus membuat kita capek-capek keliling pusat perbelanjaan, kaki gak pake pegel, paling mata aja yg pegel.

Tapi banyak juga yang kapok belanja online karena sering kecewa. Kekecewaan mereka pun beragam, ada yang barang tidak sesuai gambar, warna bahan berbeda, ukuran tidak pas, atau bahkan sampai penipuan barang yang dipesan tidak dikirim oleh penjual.

Banyak beredar di medsos tentang kekecewaan belanja online, kekecewaan pembeli sangat cepat menyebar dengan berkembangnya dunia medsos. Walaupun kadangkala kekecewaan pembeli tidak sepenuhnya adalah kesalahan penjual.

Bagi yang pernah berbelanja secara online tentunya memiliki pengalaman yang beragam. Ada yang lancar-lancar saja tanpa kendala apapun bahkan sangat puas dengan toko online tersebut dan menjadi loyal, selalu berbelanja kesana. Namun tak sedikit pula yang menyisakan kekecewaan. Bahkan padahal kekecewaan itu terjadi hanya karena salah dalam memilih warna. Atau bisa jadi karena kurang teliti dan kurangnya pengalaman pembeli dalam berbelanja secara online.

Perlu di pahami bahwa berbelanja online tidaklah sama dengan berbelanja offline dipusat perbelanjaan. Jika membeli busana secara offline kita bisa dengan bebas melihat, mencermati, meraba, dan mencobanya sebelum membayar, maka hal itu tak bisa dilakukan ditoko online. Malahan kebanyakan online shop tidak menyediakan layanan penukaran barang hanya karena salah warna atau ukuran. Jadi kita yang mesti teliti dan detail dalam memilih online shop yang terpercaya.

Salah satu cara paling efektif untuk menghindari kekecewaan saat berbelanja online terutama jika kita berbelanja pakaian atau busana muslimah, perlu kita cermati deskripsi atau keterangan detail barang maupun foto produk yang ditampilkan di suatu toko online.

Apalagi soal warna yang sering mwnjadi sumber kekecewaan. Warna produk di website seringkali tak senyata dengan warna aslinya. Kesamaan warna gambar dengan aslinya biasanya paling sedikit 80% , walaupun ada juga produk yang warna gambarnya cukup mewakili aslinya, dengan tingkat kesamaan 90%. Bagaimana untuk mengetahuinya? Bisa dengan bertanya pada pemiliknya atau adminnyĆ .

Begitu juga dengan ukuran busana, kita juga harus memperhatikan dengan cermat data ukuran baju yang disertakan dalam informasi produk tersebut. Informasi ini bukan cuma menyangkut ukuran XL, M, atau L melainkan juga ukuran lingkar dada hingga panjang busana. Ini penting bagi pembeli busana perempuan.

Bagaimana mengukurnya? Kita kan nggak punya meteran kayak penjahit?

Naah....belii dong! Murah kok paling nggak sampai lima ribu perak, karena kalau kita sering belanja pakaian secata online pasti membutuhkannya, dan makin lama kita akan hapal dengan ukutan kita sendiri, kalau ngga membesar loh yaa....

Belanja online juga harus memperhatikan brand dan harga nya, jangan tergiur dengan harga murah dan foto produk yang bagus. Kita harus berfikir dengan logika kita sendiri, apakah mungkin harga segini, bisa membeli baju sebagus ini? Karena banyak juga toko online yang mengambil gambar brand-brand ternama, dan dia membuat sendiri, produk baju tersebut, dengan kualitas sangat jauh dari aslinya.

Produk dengan brand yang ternama akan mengutamakan kualitas, karena mereka tidak mau nama brand menjadi jelek karena membuat produk yang tidak bagus. Dan untuk memberi kualitas bagus, tentu nya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

"Selamat berbelanja online dan jadilah pembeli yang cerdas"

Write by: Titin Puspasari

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Aktivitas dan Informasi untuk Ibu dan wanita  |  Template by Blogspot tutorial